Pinjam Dulu Seratus, Jokowi : "Agar Pembangunan IKN Maju Terus."

 



Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dengan diam-diamnya upaya persiapannya untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Ia menyatakan bahwa inisiatif ini dimulai pada tahun 2016 ketika dia berencana untuk meninjau kembali rencana pemindahan ibu kota negara yang pernah diajukan oleh presiden-presiden sebelumnya, seperti Sukarno dan Soeharto.

"Sebuah dekade lalu, saya secara rahasia membentuk sebuah tim untuk meninjau kembali gagasan-gagasan yang sebelumnya diusulkan oleh presiden pertama, presiden kedua, dan seterusnya," ujar Jokowi di IKN pada tanggal 2 November.

Pada saat itu, dia mencermati ketidakmerataan pembangunan di Indonesia, di mana 56 persen penduduk tinggal di Pulau Jawa. 

Kemudian, ekonomi Indonesia terpusat di Pulau Jawa. Sekitar 57 persen ekonomi, katanya, terkonsentrasi di wilayah sekitar Jakarta.

"Kami memandang penting untuk mencapai pemerataan, baik dalam pengembangan ekonomi maupun infrastruktur," tuturnya.

Hingga tujuh tahun berlalu, pembangunan IKN telah dimulai. Jokowi mengatakan bahwa pemerintah telah memulai konstruksi dasar-dasar infrastruktur.

Saat berbicara dengan 100 CEO di Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menggunakan frasa populer "pinjam dulu seratus" yang sedang viral di media sosial. Ia memasukkan frasa ini dalam sebuah pantun yang dia.

Jokowi awalnya mencatat bahwa setiap kali dia mengunjungi IKN, dia selalu didampingi oleh pantun. Namun, dia mengakui bahwa dia belum pernah berpantun saat berkunjung ke IKN, Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa dalam konteksnya, istilah 'seratus' mengacu pada 100 orang CEO yang hadir dalam pertemuan tersebut, dan bahwa pernyataannya tidak selalu berkaitan dengan uang.

"Ia bukan berbicara mengenai uang. Ini bukan soal uang. Namun, sedikit-sedikit uang, sedikit-sedikit duit memang diperlukan untuk membangun negara ini," tambah Jokowi.

Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-7015701/jokowi-berpantun-di-ikn-supaya-pembangunan-maju-terus-pinjam-dulu-seratus

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20231102114956-532-1019043/cerita-jokowi-diam-diam-siapkan-rencana-pindah-ke-ikn-sejak-2016-lalu




Komentar

Postingan Populer